Berikut 7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Mudah

Ketombe adalah kondisi kulit yang mempengaruhi kulit kepala, menyebabkan kulit gatal, mengelupas dan bercak berminyak.

Penyebab ketombe meliputi:

  • dermatitis seboroik
  • kulit kering
  • reaksi alergi terhadap rambut dan produk kulit
  • kondisi kulit lainnya, seperti eksim atau psoriasis
  • diet
  • pertumbuhan berlebih dari jamur seperti ragi yang disebut Malassezia

Ada banyak obat-obatan topikal yang dijual bebas dan sampo khusus yang mengobati ketombe. Namun, orang juga dapat membantu menghilangkan ketombe di rumah menggunakan obat alami di bawah ini.

Cara Menghilangkan Ketombe

Inilah rangkuman mengenai cara menghilangkan ketombe secara alami dan aman untuk Anda coba di rumah.

1. Minyak pohon teh


Minyak pohon teh untuk mengobati ketombe secara alami
Seseorang harus melarutkan minyak pohon teh sebelum digunakan.
Minyak pohon teh adalah minyak esensial yang berasal dari tanaman Melaleuca alternifolia . Secara historis, orang-orang telah menggunakan minyak pohon teh untuk mengobati berbagai kondisi, seperti jerawat, kaki atlet, dan dermatitis.

Minyak pohon teh mengandung senyawa yang disebut terpinen-4-ol, yang memiliki sifat antimikroba yang kuat. Minyak pohon teh yang mengandung terpinen-4-ol konsentrasi tinggi dapat membantu mengurangi ketombe dengan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit kepala.

Para penulis studi tahun 2018 meneliti komposisi bakteri dari 140 kulit kepala wanita India dan menemukan bahwa wanita dengan ketombe cenderung memiliki lebih banyak bakteri Staphylococcus epidermidis ( S. epidermidis ) daripada mereka yang tidak ketombe.

Sebuah ulasan dari 2017 meneliti efek antimikroba dari berbagai minyak esensial. Para penulis menyarankan bahwa senyawa dalam minyak pohon teh dapat secara efektif mengendalikan bakteri S. epidermidis .

Menerapkan minyak pohon teh langsung pada kulit kepala dapat menyebabkan peradangan atau ruam, sehingga orang yang tertarik menggunakan minyak pohon teh untuk mengobati ketombe dapat mulai dengan menambahkan beberapa tetes pada sampo biasa mereka.

2. Minyak sereh


Secara tradisional, orang menggunakan serai dan minyak serai untuk mengobati masalah pencernaan, menurunkan tekanan darah , dan mengurangi stres .

Minyak sereh memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi gejala ketombe.

Menurut temuan sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada tahun 2015, tonik rambut yang mengandung 10 persen minyak sereh mengurangi ketombe sebesar 81 persen setelah dua minggu.

Seperti minyak pohon teh, minyak serai dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi jika seseorang menggunakannya langsung ke kulit. Orang dapat mengencerkan minyak serai dengan air atau mencampurkan beberapa tetes ke dalam sampo atau kondisioner biasa.

3. Gel lidah buaya


Lidah buaya adalah tanaman sukulen yang dikenal karena khasiat penyembuhannya. Gel dalam daunnya mengandung beberapa senyawa bioaktif, seperti asam amino dan antioksidan , yang dapat mengurangi ketombe.

Penulis review tahun 2019 memeriksa 23 uji klinis yang melibatkan lidah buaya . Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa gel lidah buaya dapat meningkatkan retensi kelembaban di kulit dan meningkatkan penyembuhan luka. Lidah buaya juga dapat mengurangi peradangan, yang dapat membantu orang dengan gejala ketombe, seperti gatal-gatal.

Penelitian dari tahun 2015 menunjukkan bahwa sifat antijamur dan antibakteri lidah buaya dapat mencegah ketombe.

Para penulis dari sebuah penelitian kecil yang melibatkan 25 orang menyimpulkan bahwa gel topikal baru yang mengandung Aloe vera efektif dalam mengobati bentuk ketombe yang disebut dermatitis seboroik.

4. Asam lemak omega-3


Asam lemak omega-3 dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol HDL "baik" , dan mendukung kesehatan jantung dan otak. Kekurangan asam lemak ini dapat menyebabkan gejala yang merugikan, seperti ketombe, kuku rapuh, dan kulit kering.

Omega-3 memberikan beberapa manfaat kulit, seperti


  • mengelola produksi minyak
  • mengatur peradangan
  • meningkatkan hidrasi
  • mengurangi tanda-tanda penuaan
Makanan yang mengandung omega-3 dalam jumlah besar termasuk salmon, mackerel, dan kenari. Orang juga dapat mengonsumsi suplemen omega-3.

National Institutes of Health (NIH) merekomendasikan bahwa kebanyakan orang dewasa mengonsumsi 1,1 hingga 1,6 gram asam lemak omega-3 per hari.

5. Aspirin


Aspirin adalah pereda nyeri OTC yang berpotensi mengurangi gejala ketombe. Aspirin mengandung asam salisilat, bahan aktif yang biasa digunakan dalam sampo ketombe.

Asam salisilat dapat membantu mengelupas serpihan ketombe berlebih, mencegah penumpukan minyak, dan mengurangi peradangan pada kulit kepala.

Untuk menggunakan asam salisilat pada ketombe, coba hancurkan satu atau dua tablet aspirin yang tidak dilapisi ke dalam bubuk halus dan campur daya dengan sedikit sampo biasa.

Di kamar mandi, oleskan campuran ke rambut dan biarkan di sana selama beberapa menit sebelum membilasnya.

6. Baking Soda


Sodium bikarbonat, yang dikenal banyak orang sebagai baking soda, dapat membantu mengurangi ketombe. Soda kue adalah pengelupas yang dapat mengangkat sel-sel kulit berlebih dan minyak pada kulit kepala.

Soda kue juga memiliki sifat antijamur yang dapat membantu melawan jamur yang menyebabkan ketombe.

Soda kue memiliki tingkat pH yang sangat tinggi, yang dapat merusak kulit kepala jika seseorang menggunakannya terlalu sering. Menggunakan terlalu banyak baking soda dapat mengupas rambut dari minyak alami, yang dapat menyebabkan kekeringan atau iritasi, sehingga orang harus menggunakannya dalam jumlah sedang.

7. Minyak kelapa


Minyak kelapa dapat membantu meningkatkan hidrasi, mengurangi iritasi, dan mencegah pertumbuhan jamur pada kulit kepala.

Temuan dari studi tabung reaksi menemukan bahwa ekstrak kelapa yang dikultur menurunkan penanda inflamasi pada sampel kulit manusia. Studi lain mengamati sifat anti-inflamasi serupa setelah menerapkan minyak kelapa murni ke sampel kulit buatan.

Menurut temuan dari satu percobaan klinis , menggunakan minyak kelapa murni pada kulit menyebabkan penurunan 68,23 persen gejala dermatitis atopik pada kelompok 117 anak berusia 1 hingga 13 tahun.

Studi pendahuluan ini menunjukkan hasil yang menjanjikan, tetapi para peneliti perlu melakukan lebih banyak investigasi untuk mengevaluasi peran minyak kelapa dalam mengobati ketombe.

Orang-orang dapat mencoba mengoleskan minyak kelapa langsung ke kulit kepala sebelum mencuci atau menemukan sampo yang mengandung minyak kelapa.

Sekian informasi menarik mengenai cara menghilangkan ketombe secara alami dan mudah. Semoga informasi mengenai cara menghilangkan ketombe ini dapat menjadi referensi yang baik bagi kita para pembaca. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya ya dan tolong jangan lupa untuk share.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel