Inilah 5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat


Pada 2015, orang Amerika sendiri menghabiskan lebih dari $ 11 miliar untuk pemutihan gigi, termasuk lebih dari $ 1,4 miliar untuk produk pemutihan gigi di rumah.

Ada banyak produk yang bisa Anda pilih untuk memutihkan gigi.

Namun, sebagian besar produk pemutih menggunakan bahan kimia untuk memutihkan gigi Anda, yang menjadi perhatian banyak orang.

Jika Anda ingin gigi lebih putih, tetapi juga ingin menghindari bahan kimia, maka artikel ini mencantumkan banyak pilihan yang alami dan aman untuk cara memutihkan gigi.

Penyebab Gigi Kuning


Ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi menjadi kusam dan kehilangan kilauan putih terang.

Makanan tertentu bisa menodai email Anda, yang merupakan lapisan paling luar dari gigi Anda. Selain itu, penumpukan plak pada gigi Anda dapat menyebabkannya tampak kuning.

Jenis perubahan warna ini biasanya dapat diobati dengan obat pembersih dan pemutihan biasa.

Namun, kadang-kadang gigi terlihat kuning karena enamel keras telah terkikis, memperlihatkan dentin di bawahnya. Dentin adalah jaringan bertulang kuning alami yang terletak di bawah email.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami


Berikut ini 5 cara memutihkan gigi secara alami yang sehat dan aman untuk kesehatan tubuh.

1. Coba Tarik Minyak

Menarik minyak adalah obat tradisional India yang dimaksudkan untuk meningkatkan kebersihan mulut dan menghilangkan racun dari tubuh.

Latihan ini melibatkan mengoleskan minyak di sekitar mulut Anda untuk menghilangkan bakteri, yang dapat berubah menjadi plak dan menyebabkan gigi Anda terlihat kuning.

Secara tradisional, orang India menggunakan bunga matahari atau minyak wijen untuk menarik minyak, tetapi minyak apa pun akan berhasil.

Minyak kelapa adalah pilihan populer karena memiliki rasa yang menyenangkan dan menawarkan banyak manfaat kesehatan tambahan.

Minyak kelapa juga kaya akan asam laurat, yang dikenal karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa penarikan minyak setiap hari secara efektif mengurangi bakteri di mulut, bersama dengan plak dan radang gusi.

Streptococcus mutans adalah salah satu jenis bakteri utama dalam mulut yang menyebabkan plak dan radang gusi. Satu studi menemukan bahwa mengayun setiap hari dengan minyak wijen secara signifikan mengurangi Streptococcus mutans dalam air liur hanya dalam satu minggu.

Sayangnya, tidak ada penelitian ilmiah untuk membuktikan bahwa menarik minyak memutihkan gigi Anda. Namun, ini adalah praktik yang aman dan pasti patut dicoba. Banyak orang mengklaim gigi mereka lebih putih dan lebih cerah setelah dicabut secara teratur.

Untuk menarik minyak, masukkan 1 sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut Anda dan dorong dan tarik minyak melalui gigi Anda. Minyak kelapa padat pada suhu kamar, jadi Anda mungkin perlu menunggu beberapa detik agar meleleh. Lanjutkan menarik minyak selama 15-20 menit penuh.

Pastikan untuk meludahkan minyak kelapa ke toilet atau tempat sampah, karena bisa kembali ke bentuk padat sekali di pipa pembuangan Anda dan menyebabkan penyumbatan.

Tidak seperti banyak metode pemutihan gigi lainnya, menarik minyak kelapa tidak membuat gigi Anda terkena asam atau bahan lain yang mengikis enamel. Ini berarti aman untuk dilakukan setiap hari.

2. Sikat Dengan Soda Kue

Soda kue memiliki khasiat pemutih alami, oleh karena itu soda merupakan bahan yang populer dalam pasta gigi komersial.

Ini adalah abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda permukaan pada gigi.

Selain itu, baking soda menciptakan lingkungan alkali di mulut Anda, yang mencegah bakteri tumbuh.

Ini bukan obat yang akan memutihkan gigi Anda semalaman, tetapi Anda harus memperhatikan perbedaan dalam penampilan gigi Anda dari waktu ke waktu.

Ilmu pengetahuan belum membuktikan bahwa menyikat dengan soda kue biasa akan memutihkan gigi Anda, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasta gigi dengan soda kue memiliki efek memutihkan yang signifikan.

Satu studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda secara signifikan lebih efektif dalam menghilangkan noda kuning dari gigi daripada pasta gigi standar tanpa baking soda. Semakin tinggi konsentrasi baking soda, semakin besar efeknya.

Lebih lanjut, sebuah tinjauan dari lima studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue menghilangkan plak dari gigi lebih efektif daripada pasta gigi yang tidak memanggang soda.

Untuk menggunakan obat ini, campur 1 sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air dan gosok gigi dengan pasta. Anda dapat melakukan ini beberapa kali per minggu.

3. Gunakan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah zat pemutih alami yang juga membunuh bakteri di mulut Anda.

Faktanya, orang telah menggunakan hidrogen peroksida selama bertahun-tahun untuk mendisinfeksi luka karena kemampuannya untuk membunuh bakteri.

Banyak produk pemutih komersil mengandung hidrogen peroksida, meskipun pada konsentrasi yang jauh lebih tinggi daripada yang akan Anda gunakan.

Sayangnya, tidak ada penelitian yang menunjukkan efek membilas atau menyikat dengan hidrogen peroksida saja, tetapi beberapa penelitian telah menganalisis pasta gigi komersial yang mengandung peroksida.

Satu studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue dan hidrogen peroksida 1% menyebabkan gigi lebih putih secara signifikan.

Studi lain menemukan bahwa menyikat dengan pasta gigi komersial yang mengandung soda kue dan peroksida dua kali sehari menyebabkan 62% gigi lebih putih dalam enam minggu.

Namun, ada beberapa pertanyaan mengenai keamanan hidrogen peroksida.

Walaupun konsentrasi yang sangat encer tampak aman, konsentrasi yang kuat atau penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi gusi dan sensitivitas gigi. Ada juga kekhawatiran bahwa dosis tinggi dapat menyebabkan kanker, tetapi ini belum terbukti.

Salah satu cara menggunakan hidrogen peroksida adalah sebagai obat kumur sebelum Anda menyikat gigi. Pastikan Anda menggunakan solusi 1,5% atau 3% untuk menghindari efek samping.

Konsentrasi hidrogen peroksida yang paling umum di toko obat adalah larutan 3%. Anda dapat dengan mudah mengencerkan konsentrasi ini hingga 1,5% dengan mencampurkan bagian peroksida dan air yang sama.

Cara lain untuk menggunakan hidrogen peroksida adalah dengan mencampurkannya dengan baking soda untuk membuat pasta gigi. Campurkan 2 sendok teh hidrogen peroksida dengan 1 sendok teh soda kue dan gosok gigi dengan lembut dengan campuran.

Batasi penggunaan pasta buatan sendiri ini beberapa kali per minggu, karena terlalu sering dapat mengikis enamel gigi Anda.

4. Gunakan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel telah digunakan selama berabad-abad sebagai produk pembersih alami dan disinfektan.

Asam asetat, yang merupakan bahan aktif utama dalam cuka sari apel, efektif membunuh bakteri. Sifat antibakteri cuka adalah apa yang membuatnya berguna untuk membersihkan mulut dan memutihkan gigi Anda.

Satu studi yang dilakukan pada gigi sapi menemukan bahwa cuka sari apel memang memiliki efek pemutihan pada gigi. Namun, mereka juga menemukan bahwa cuka dapat melembutkan gigi.

Asam asetat dalam cuka berpotensi mengikis enamel pada gigi Anda. Karena alasan ini, Anda sebaiknya tidak menggunakan cuka sari apel setiap hari. Anda juga harus membatasi jumlah waktu cuka sari apel bersentuhan dengan gigi Anda.

Untuk menggunakannya sebagai obat kumur, encerkan dengan air dan desir di sekitar mulut Anda selama beberapa menit. Pastikan untuk membilas mulut Anda dengan air putih sesudahnya.

5. Gunakan Buah dan Sayuran

Diet tinggi buah-buahan dan sayuran mungkin baik untuk tubuh dan gigi Anda.

Meskipun bukan pengganti untuk menyikat gigi, buah-buahan dan sayuran mentah yang renyah dapat membantu menghilangkan plak saat Anda mengunyah.

Secara khusus, stroberi dan nanas adalah dua buah yang diklaim dapat membantu memutihkan gigi Anda.

Stroberi

Memutihkan gigi Anda dengan campuran stroberi dan soda kue adalah obat alami yang telah dipopulerkan oleh selebriti.

Para pendukung metode ini mengklaim bahwa asam malat yang ditemukan dalam stroberi akan menghilangkan perubahan warna pada gigi Anda, sedangkan baking soda akan menghilangkan noda.

Namun, obat ini belum sepenuhnya didukung oleh sains.

Meskipun stroberi dapat membantu mengelupas gigi dan membuatnya tampak lebih putih, stroberi tidak akan menembus noda pada gigi Anda.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa campuran stroberi dan soda kue menghasilkan perubahan warna gigi yang sangat sedikit, dibandingkan dengan produk pemutih komersial.

Jika Anda memutuskan untuk mencoba metode ini, batasi penggunaannya hingga beberapa kali per minggu.

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa pasta strawberry dan baking soda memiliki efek minimal pada enamel gigi, penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan.

Untuk menggunakan obat ini, hancurkan stroberi segar, kombinasikan dengan baking soda, dan gosok campuran pada gigi Anda.

nanas

Beberapa mengklaim bahwa nanas dapat memutihkan gigi.

Sebuah penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung bromelain, enzim yang ditemukan dalam nanas, secara signifikan lebih efektif dalam menghilangkan noda gigi daripada pasta gigi standar.

Namun, tidak ada bukti bahwa makan nanas menghasilkan efek yang sama.

Sekian informasi mengenai cara memutihkan gigi secara alami dan menyehatkan. Semoga informasi ini dapat membantu teman-teman untuk memutihkan gigi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel