Inilah 10 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh Manusia


Solanum lycopersicum. Kedengarannya besar? Yah, itu hanya nama ilmiah untuk tomat.

Tanaman ini adalah tanaman anggur khas. Dan tidak, itu bukan sayuran, ini buah. Ini berry lebih tepatnya. Buah berkembang dari ovarium dan mengandung biji dari bunga tanaman. Ini berakar kembali ke Amerika Selatan bagian barat, tetapi mulai digunakan sebagai buah yang dibudidayakan oleh orang Meksiko.

Budidaya tomat menyebar setelah penjajahan Spanyol di Amerika. Varietas liar tomat lebih kecil dan lebih kuning dibandingkan dengan yang merah besar yang Anda dapatkan hari ini.

Kandunngan Tomat


Tomat adalah air 95% !! Apakah Anda memerlukan penyegaran yang lebih baik dan lebih sehat di musim panas daripada ini? Tambahkan mentimun ke dalamnya dan Anda akan mendapatkan minuman musim panas terbaik. 5% lainnya dari tomat mengandung Karbohidrat dan 1% Protein dan Lemak. Ini juga mengandung 80% serat tidak larut seperti lignin, selulosa dan hemiselulosa. Tomat adalah sumber vitamin dan mineral yang baik seperti Folat, Kalium, Vitamin K1 dan Vitamin C.

Senyawa tanaman lain yang ada dalam Tomat adalah:

• Asam Klorogenik - Membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
• Narcigenin - Terlihat mengurangi peradangan pada tikus.
• Beta-karoten - Ini akan dikonversi menjadi Vitamin A dalam tubuh.
• Lycopene - Ini banyak ditemukan dalam tomat. Semakin merah tomatnya, semakin banyak likopen yang dimilikinya.

Apa saja manfaat tomat untuk kesehatan tubuh kita? Yuk simak di bawah ini.

Manfaat Tomat


1. Anti-Karsinogenik:

Kehadiran likopen dalam tomat dikenal untuk mengontrol pertumbuhan sel kanker, terutama di usus besar, payudara dan paru-paru. Antioksidan yang ada menghentikan reaksi karsinogenik lebih lanjut dalam tubuh.

2. Kolesterol Rendah Dan Jantung Sehat:

Biji tomat tidak mengandung kolesterol. Sebaliknya, mereka mengandung serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Hadir Kalium membantu mencegah penyakit jantung juga.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi:

Lycopene dan Chlorogenic Acid hadir dalam biji tomat yang menurunkan tingkat tekanan darah, mencegah hipertensi.

4. Sifat anti-inflamasi:

Produksi radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan peradangan. Dan peradangan yang berlanjut dapat menyebabkan Atherosclerosis, Osteoporosis, Penyakit Alzheimer dan Penyakit Kardiovaskular. Lycopene dan Beta-karoten yang ada dalam biji tomat membantu menghilangkan radikal bebas ini, sehingga mencegah penyakit apa pun.

5. Pencegahan Gumpalan Darah:

Banyak kematian telah dilaporkan karena penyakit jantung yang disebabkan oleh pembekuan darah. Tomat mencegah pembekuan darah ini. Biji tomat dikelilingi oleh lapisan lendir tebal yang disebut Fruitlow. Lycopene dan Fruitlow bersama-sama mencegah dan membuka blokir pembentukan gumpalan darah.

6. Aids in Digestion:

Serat yang ada dalam Tomat mengatur gerakan peristaltik otot-otot pencernaan, membantu melepaskan lebih banyak cairan pencernaan. Jus ini dan gerakan otot yang sehat membantu mengatur pergerakan usus, menjaga seluruh sistem pencernaan tetap sehat, juga mencegah terjadinya diare atau sembelit.

7. Perawatan Kulit:

Tomat sangat baik untuk kulit, ketika dimakan atau dioleskan secara eksternal. Ketika digunakan sebagai scrub, itu memberi Anda kulit halus, menghilangkan semua sel mati. Tomat dengan dadih digunakan untuk menghilangkan luka bakar akibat sinar matahari. Ini adalah pendingin yang sangat baik. Dadih juga akan meninggalkan Anda dengan kulit bercahaya. Mengoleskan sepotong tomat pada kulit Anda setelah Anda kembali dari berjemur di bawah sinar matahari, dapat membantu Anda menghilangkan sinar matahari sebelum mengendap. Tomat juga dikenal dapat menunda penuaan. Ini membantu Anda menyerap lebih banyak oksigen, menjaga kulit tampak segar dan muda.

8. Perawatan Rambut:

Tomat adalah obat yang sangat baik untuk mengobati kulit kepala yang gatal, ketombe, psoriasis kulit kepala, dan eksim. Vitamin C dalam tomat melawan produksi ketombe, menjaga kulit kepala bebas ketombe. Kolagen yang disediakan juga mendorong pertumbuhan sel kulit kepala secara normal. 3-4 sendok makan jus lemon ditambahkan ke 2-3 Tomat matang dan dicampur untuk membentuk pasta. Pasta ini dioleskan ke kulit kepala. Ini membuat Anda memiliki rambut yang berkilau dan kulit kepala yang sehat. Tomat juga membantu merawat rambut kering. Pasta tomat dengan minyak dapat dioleskan ke rambut untuk memberikan elastisitas dan kilau pada rambut kering dan kusam. Ini memberikan jumlah kelembaban yang baik ke kulit kepala kering, meningkatkan kualitas rambut dalam prosesnya. Ini membuatnya menjadi kondisioner alami untuk rambut.

9. Visi yang Ditingkatkan:

Vitamin A, antioksidan yang sangat baik, yang disediakan dari kelebihan Beta-Karoten dari Tomat adalah obat yang dikenal untuk penyakit mata. Sebagian besar kasus kebutaan malam dan degenerasi makula disebabkan oleh kekurangan vitamin A dan karena radikal bebas. Sifat antioksidan Tomat menghilangkan radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit terkait penglihatan.

10. Makanan Diet Hydrating:

Ingin menurunkan berat badan? Tambahkan tomat ke dalam diet rutin Anda. Mereka adalah 95% air. Mereka memiliki jumlah kalori rendah, sekitar 18-22 kalori dari satu tomat matang, tergantung pada ukurannya. Ini juga membuat Anda kenyang lebih lama, menjaga kadar gula darah dalam kontrol dan mencegah mengidam yang tidak diinginkan. Tomat mudah tersedia di pasaran dan juga bisa ditanam di rumah. Ini adalah buah ajaib dengan kandungan gula kurang dari 0,1%. Makan buah tidak pernah membaik. Dengan banyak manfaatnya untuk rambut, kulit dan tubuh, itu HARUS menjadi bagian dari makanan sehari-hari Anda.

Sekian informasi mengenai manfaat tomat untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga informasi mengenai manfaat tomat ini dapat menjadi referensi baik bagi kita semua. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel